Rabu, 22 Juni 2011

Pembuatan Program Penampilan Teks


  1. Pengertian Assembly
            Pengertiaan bahasa assembly saya ambil dari sebuah blog yang terdapat di internet. Assembly  atau disebut juga Low level language aratinya  suatu bahasa program atau suatu tata cara yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer. Dalam hal ini tatacara atau bahasa yang digunakan masih ber-orientasi dengan mesin. Satu-satunya simbol yang tersedia untuk mengkomunikasikan tindakan yang dilakukan dan mengidentifikasikan data adalah 0 dan 1.
  1. Cara Install Program Turbo Assembler
1.       Pertama kita harus punya program turbo assembler (tasm5),cara dapetin programnya bias didowload di internet (download program tasm 5.zip program ini masih di extrak dalam bentuk file Zip). kalau sudah punya program tersebut ikuti langkah-langkah brikut
2.       Buat folder di drive C:\ bernama Install
3.       Ekstrak tasm5.zip hasil download ke folder Install
4.        Sekarang buka folder Install disana ada folder bernama DISK1 DISK2 dst lah...trus copy keun isi folder DISK1 ke folder Install, ngarti teu? Ingat yang di copykan itu isi dari DISK1.
5.       Buka Command Prompt,caranya tekan tombol keyboard windows+R lalu akan muncul dialog ran,dan pada dialog tersebut ketikkan CMD
6.       Stelah muncul command prompt,ktikkan ketik CD C:\INSTALL  lalu tekan  ENTER.
7.       Masih di CMD, Ketik Install trus ENTER.
8.       Trus ketik C, tau ktik di mana anda ingin menyimpan hasil installan tersebut (maisalkan di local c,d,dan e).
9.       lalu tekan enter
10.   Setelah akan muncul dialog install asm, dan tekan f9 untuk memulai penginstal program.
11.   Install program turbo assembler sudah selesai dan sudah bisa di gunakan.

C.    Cara Membuat Program Penampilan Teks
1.      Buka polder TASM
2.      Kemudian buat polder di dalam polde BIN dengan nama apa saja sperti contoh saya pake nama nama folder cobak, maka struktur foldernya akan seperti ini C:\TASM\BIN\COBAK.
3.       Kmudian Buka notepad, dan  ketik syntax di bawah ini
COBA SEGMENT

ASSUME CS:COBA

ORG 100h

START : MOV AH,02H

MOV DL,4BH

INT 21H

MOV DL,4FH

INT 21H

MOV DL,4DH

INT 21H

MOV DL,41H

INT 21H

MOV DL,4EH

INT 21H

MOV DL,47H

INT 21H

MOV DL,20H

INT 21H

MOV DL,53H

INT 21H

MOV DL,55H

INT 21H

MOV DL,4BH

INT 21H

MOV DL,45H

INT 21H

MOV DL,54H

INT 21H

MOV DL,52H

INT 21H

MOV DL,49H

INT 21H

MOV DL,59H

INT 21H

MOV DL,41H

INT 21H

MOV DL,53H

INT 21H

MOV DL,41H

INT 21H

INT 20H

COBA ENDS

END START

Dari kode diatas saya akan saya jelaskan sedikit, MOV AH,02H artinya memberikan nilai servis untuk mencetak karakter ke monitor. MOV DL,48H artinya memberikan nilai 48H (code ASCII) ke register DL. INT 21H artinya memberikan interupsi untuk mencetak nilai yang ada pada register DL. sedangkan INT 20H untuk menghasilkan interupsi mengakhiri program dan menyerahkan kendali sepenuhnya ke DOS.

table erintah penampilan huruf.
ABJAD
Asembly
A
41H
B
42
C
43
D
44
E
45
F
46
G
47
H
48
I
49
J
4A
K
4B
L
4C
M
4D
N
4E
O
4F
P
50
Q
51
R
52
S
53
T
54
U
55
V
56
W
57
X
58
Y
59
Z
5A
.
2E
SPASI
20
*
2A



4.      Kembali ke proses pembuatan program setelah selesai mengetik syntak diatas Kemudian simpan data tersebut dengan extensi (.asm)  misalkan dengan nama suke.asm
5.      Buka command prompt lagi, ketik CD D:\TASM\BIN tekan ENTER
6.      kemudian ketik TASM COBAK\SUKE.ASM tekan ENTER.
7.      selanjutnya ketik TLINK/t SUKE.OBJ untuk melingking object
8.      Kemuan ketik SUKE tekan ENTER

.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar